Bintan Penaga Bay (eco Toursim & Agro Tourism)


Berawal dari kegiatan Capacity Developmen (Capdev) di Singapura, Tim BP. Kawasan Bintan mempresentasikan sebuah konsep bisnis di Sector Pariwisata Bintan nama Bintan Penaga Bay dengan mengusung konsep lokal malay Heritage dengan didukung oleh eco tourism (Mangrove) dan agro tourism.

Adapun konsep malay heritage tercetus berdasarkan pertimbangan belum adanya destinasi wisata yang mengusung konsep lokalitas berbasis budaya melayu secara holistic di Bintan bahkan di Propinsi Kepulauan Riau yang sesuangguhnya merupakan bunda tanah melayu. Selan itu, konsep ini juga diharapkan dapat memberikan alternatif destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Kedepannya kepada para wisatawan yang berkunjung ke Bintan maupun mancanegara selain mengunjungi kawasan wisata Lagoi yang selama ini popular dengan konsep wisata modern berkelas internasional dapat memiliki opsi lain untuk destinasi wisatanya.

Dipilihnya Desa Penaga Bintan sebagai lokasi proyek , adalah berdasarkan kesesuaian dengan master plant pariwisata Bintan dan peruntukan ruangnya adalah sebagai kawasan pariwisata. Penaga adalah salah satu tempat akar budaya Melayu di Bintan dan Penaga memiliki potensi mangrove yang dapat di kembangkan menjadi eco-tourism juga kaya akan potensi bahari.

Pada tahun 2019 dimulailah penyusunan Business Plant Bintan Penaga Bay yang nantinya akan ditawarkan kepada para investor sebagai alternative sektor pariwisata yang dapat dikembangkan di wilayah Free Trade Zone (FTZ)  Bintan. Semua ini adalah bagian dari upaya BP. Kawasan Bintan untuk menarik investor untuk berinvestasi di wilayah FTZ Bintan khususnya di sektor pariwisata yang bernuansa budaya.

Untuk mendukung pengembangan wilayah Penaga BP. Kawasan Bintan telah membangun infrastruktur jalan sehingga memberikan daya tarik bagi investor yang akan menanamkan investasinya kewilayah ini sehingga diharapkan kedepan wilayah Penaga dapat terus tumbuh dan berkembang sehingga memberikan dampak positif  bagi perekonomian daerah dan masyarakat.

Melalui kegiatan kegiatan promosi BP. Kawasan Bintan telah memasarkan proyek Penaga Bintan Bay kepada para investor yang tertarik berinvestasi di sektor pariwisata kewilayah Free Trade Zone Bintan, semua ini adalah upaya dan usaha yang dilakukan okeh BP. Kawasan Bintan untuk menarik investor untuk menanamkan modalnya di wilayah Free Trade Zone (FTZ) Bintan. 

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments