EVENT WISATA BINTAN YANG DIAJUKAN UNTUK MENJADI EVENT PARIWISATA NASIONAL 2019

Tahun 2018, tercatat jumlah kunjungan wisatawan yang mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun – tahun sebelumnya. Untuk kembali meningkatkan jumlah angka kunjungan wisata di tahun 2019 ini, sejumlah strategi juga telah direncanakan. Diantaranya dengan mengajukan agenda pariwisata Bintan yang masuk ke dalam agenda pariwisata Provinsi Kepulauan Riau untuk masuk ke dalam agenda pariwisata nasional Indonesia ke Kementerian Pariwisata RI. Jika di tahun 2018 ada enam agenda Kepri yang masuk ke agenda pariwisata nasional, maka di tahun 2019, Provinsi Kepri mengajukan 12 agenda pariwisata untuk masuk ke dalam 100 event pariwisata nasional.

Tahun 2018, Bintan mencatat dua agenda ditambah satu event yang mask ke dalam 10 National Events yakni Bintan Ironman 70.3. Sementara dua event Bintan lainnya yaitu Bintan Triathlon dan Tour de Bintan. Sementara agenda pariwisata Kepri lainnya yang masuk ke dalam agenda pariwisata nasional adalah  Batam International Culture Carnival, Festival Pulau Penyengat, Festival Bahari Kepri dan Kenduri Seni Melayu.

Penambahan jumlah agenda wisata Provinsi Kepri yang diajukan ke agenda wisata nasional dilakukan mengingat banyaknya potensi pariwisata Kepri yang luar biasa. Ditambah lagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan ini yang selalu mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Kedua belas agenda wisata tersebut adalah Festival Bahari Kepri (FBK), Tour De Kepri, Tour De Bintan, Ironman Bintan, Bintan Triatlon, Dragon Boat Race, Festival Barongsai,Kenduri Seni Batam, Festival Pulau Penyengat, Festival Kenduri Akhir Tahun, Dangkong Festival,dan Festival Sungai Carang. Terdapat tiga agenda yang diajukan dari Kabupaten Bintan yakni Tour De Bintan, Ironman Bintan dan Bintan Triatlon.

Seperti diketahui, ketiga event sport tourism berskala internasional tersebut selalu sukses mendatangkan ribuan turis baik mancanegara maupun domestik ke kawasan Bintan. Sehingga selalu masuk ke dalam agenda wisata yang diajukan untuk menjadi agenda pariwisata nasional. Agenda Pariwisata Nasional adalah agenda pariwisata yang diseleksi oleh Kementerian Pariwisata Indonesia dari sekitar tiga ribuan event wisata lokal di seluruh Indonesia menjadi 100 agenda utama pariwisata Indonesia yang kemudian dibukukan ke dalam Buku Panduan Wisata Indonesia. Agenda pariwisata ini disusun secara berurutan dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Papua. Agenda pariwisata ini dikenal dengan nama Wonderful Indonesia dan ikut dipromosikan Kementerian Pariwisata dengan berbagai strategi dengan tujuan mendongkrak angka kunjungan wisata ke Indonesia.

Masuknya Bintan ke dalam agenda wisata nasional Indonesia juga diharapkan mampu menaikkan angka kunjungan wisata ke kawasan ini, menjadikan Bintan destinasi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dan pada akhirnya menaikkan pendapatan bagi kawasan ini khususnya dan negara pada umumnya.

 

Sumber :

https://batampos.co.id

https://www.batamnews.co.id

https://www.bintanlagoon.com

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments