Keuntungan Berinvestasi di Bintan

Berdasarkan Peraturan Pemeerintah Nomor 47 tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2011, Zona Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dipercayakan di Pulau Batam, Bintan, Karimun yang terletak di provinsi Kepulauan Riau serta Sabang yang terletak di provinsi Naggroe Aceh Darusalam.

Dengan Luas lahan yang hampir mencapai 65000 ha, Kawasan FTZ di Bintan tersebar di seluruh pulau Bintan diantaranya terdapat di Kawasan FTZ Bintan Utara, FTZ Lobam, FTZ Bintan Timur, FTZ Galang Batang dan Kawasan Ekonomi Khususnya. Memang selama ini, Bintan amat sangat terkenal dengan destinasi wisatanya yang banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain sektor pariwisatanya, Pulau Bintan mengembangkan wilayah FTZ khusus Kawasan Industri di Kawasan FTZ Galang Batang dan Kawasan FTZ Lobam.

Tahukah kalian bahwa sektor industri yang focus dikembangkan memiliki akses yang sangat memadai mulai dari infrastruktur, ketersediaan listrik dan air hingga fasilitas perizinan yang disediakan amat sangat memudahkan para investor investor untuk berinvestasi. Diantaranya adalah;

Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan satu pintu dalam pengertian segala urusan perizinan dapat di urus dalam satu instansi/kelembagaan dalam kasus ini di urus oleh BP Bintan selaku kelembagaan yang diberikan kewenangan untuk mengeluarkan perizinan secara legal.

Lalu pendaftaran Penanam Modal Asing yang selanjutnya disingkat PMA dan Penanam Modal Dalam Negeri yang selanjutnya disingkat PMDN amat sangat dipermudah karna sangat dibutuhkan khususnya pada saat ini selaras dengan pembangunan proyek demi menstimulus pergerakan perekonomian daerah.

Selanjutnya izin penting atau persetujuan PMA dan PMDN serta izin ekspor dan impor yang simple diikuti dengan adanya pelayanan untuk perizinan bisnis. Ini semua merupakan fasilitas perizinan investasi yang didapatkan jika berinvestasi di pulau Bintan selaku salah satu wilayah FTZ di Indonesia.

Selain itu, khususnya di Kawasan Industri, para investor yang berinvestasi di Bintan juga memiliki beberapa keuntungan untuk kegiatan keluar masuk barangnya. Diantaranya adalah; barang yang masuk tidak dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai), Pengusaha tidak kena pajak, bebas bea masuk, pembebasan Cukai Pajak. Serta berdasarkan pasal 22 tidak ada pajak penghasilan yang di potong.

                Wilayah FTZ Bintan ini memang sangat ideal sekali untuk membangun kerajaan industry karna memiliki beberapa keistimewaan yang disebutkan di atas. Selain Perpajakan yang di hilangkan, pelayanan terkait perizinan yang diberikan juga amat sangat maksimal. 

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments