Online Single Submission (OSS)


Tahukah kalian apa itu NIB?

NIB adalah akronim dari Nomor Induk Berusaha. NIB ini merupakan identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha sesuai dibidang usahanya. Para pelaku usaha dimanapun keberadaannya diwajibkan memiliki NIB ini untuk memudahkan proses proses perizinan lainnya.

Contoh pengurusan yang membutuhkan NIB diantaranya adalah; Tanda Daftar Perusahaan atau yang disingkat TDP yang berfungsi sebagai identitas perusahaan. Selain itu, NIB dibutuhkan untuk pendaftaran Angka Pengenal Impor atau yang biasa disingkat menjadi API. API dibutuhkan saat orang atau perusahaan perlu mengadakan kegiatan impor barang. Dengan API, kegiatan impor ini menjadi legal selama masih di wilayah NKRI. Serta akses khusus lainnya.

Dengan kebutuhan izin izin yang banyak dan beragam, pemerintah mencoba mengerti dan mempermudah segala urusan para pelaku usaha dengan harapan, pelaku usaha lebih menjamur sehingga lapangan kerja bertambah selaras dengan pemasukan negara. Untuk itu, pemerintah membuat sebuah sistem yang dinamakan Online Single Submission atau yang disingkat dengan OSS.

OSS adalah system yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan berusaha yang menjadi kewenangan Menteri/pimpinan Lembaga, Gubernur atau Bupati/Walikota yang dilakukan secara elektronik (online). Untuk itu, Badan Pengushaan wilayah Kabupaten Bintan selaku Lembaga yang mempunya kewenangan untuk mengeluarkan beberapa perizinan menghimbau bagi para pelaku usaha khususnya di wilayah Kabupaten Bintan untuk menggunakan system yang telah disediakan demi mempermudah urusan pelaku usaha kedepannya.

Syarat pengguna OSS adalah yang pertama, pelaku usaha mempunyai Nomor Induk Kependudukan atau yang biasa disingkat NIK, atau yang lebih awam dikenal dengan nomor KTP untuk kewarganegaraan Indonesia. Jika pelaku usaha orang asing maka menggunakan nomor passport. NIK/No. Passport ini dibutuhkan untuk pembuatan user-ID.

Sebelum mengakses OSS, segala bentuk badan usaha baik itu PT, CV, Firma dan lainnya wajib melewatkan proses pengesahaan badan usaha melalui permohonan legalisasi yang disahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM secara online. Dan juga pelaku usaha dalam segala bentuk badan usaha wajib menyiapkan dasar hukum pembentukan badan usaha. Dan yang terakhir adalah badan usaha sudah menerima NPWP guna pengecekan status pembayaran pajak perusahaan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Untuk itu, Badan Pengusahaan Kawasan Bintan tanpa Lelah selalu menghimbau bagi pelaku usaha khususnya di Kawasan Kabupaten Bintan untuk mendaftarkan dirinya lewat OSS. Selain mempermudah urusan, sistem ini juga mempersingkat waktu untuk memperoleh izin izin yang diperlukan. 

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments