PELUANG PARIWISATA BERBASIS EKONOMI LOKAL BINTAN

Sektor pariwisata memang tak bisa dilepaskan dari industri dan perekonomian di Bintan. Dengan berbagai keunggulan berupa pesona dan keindahan alam yang beragam, kultur budaya masyarakat hingga posisi yang strategis, berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, membuat Bintan menjadi magnet bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sejumlah fasilitas dan infrastruktur pendukung berstandar internasional yang dibangun pemerintah dan investor juga membuat Bintan masuk ke salah satu destinasi favorit wisata di Indonesia. Berbagai usaha untuk terus meningkatkan industri ini juga terus dilakukan. Termasuk mengadakan event – event pariwisata yang terus ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Selain mempromosikan Bintan untuk menarik minat para investor, usaha lainnya adalah meningkatkan peluang untuk mengembangkan pariwisata berbasis ekonomi masyarakat lokal Bintan. Pada acara Rapat Kerja Bidang Perekonomian Kabupaten Bintan, Pemkab Bintan mendatangkan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I RI. Dalam kesempatan ini, hadir sejumlah pelaku usaha lokal. Pada acara ini, ditegaskan bahwa pariwisata berbasis ekonomi lokal merupakan langkah yang sangat penting pada daerah dengan industri pariwisata sebagai topangan.  Acara ini berlangsung di ballroom De Bintan Villa pada Rabu 26 September 2018.

Sejumlah destinasi memberikan peluang sangat besar kepada masyarakat untuk dikelola lebih lanjut. Seperti Danau Biru dan Gurun Pasir Busung. Program pengembangan dan pembangunan potensi wisata dengan masyarakat lokal sebagai pelaku akan berimbas bagi peningkatan pendapatan masyarakat setempat, menyerap tenaga kerja dan juga terhadap pemerintah daerah. Kerjasama yang baik dari pemerintah untuk membantu pembangunan infrastruktur yang menunjang seperti akses jalan, listrik dan air bersih termasuk sejumlah perizinan dengan masyarakat yang dengan kreatif mengembangkan potensi wisata mulai dari menyediakan makanan khas, souvenir unik dengan kualitas dan harga yang bersaing, penataan objek wisata dan promosi akan mempercepat perkembangan industri wisata berbasis ekonomi lokal. Dengan menggandeng kawula muda sebagai generasi milenial yang akrab dengan teknologi informasi, maka promosi akan lebih mudah untuk dilakukan. Pada akhirnya, potensi wisata lokal yang tergarap dengan baik akan menggenjot perekonomian daerah dan pendapatan masyarakat yang berada di sekitar objek wisata.

 

Sumber :

http://repository.umy.ac.id

http://batam.tribunnews.com

https://befitapuspisanti.wordpress.com

https://www.liputan6.com

 

Judul gambar : Ilustrasi Objek Wisata yang Potensial Dikembangkan

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments