PENINGKATAN SIGNIFIKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN KE BINTAN TAHUN 2018

Tahun 2018 lalu jumlah kunjungan wisatawan ke Bintan mengalami kenaikan yang signifikan. Jika di tahun sebelumnya jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Bintan mencapai angka 371.592 wisatawan, maka hingga 27 November 2018 saja, angka kunjungan wisatawan sudah lebih dari angka 380 ribu. Target kunjungan wisata di tahun 2017 adalah 350 ribu wisatawan dan target ini terlampaui dan juga naik secara signifikan dibanding tahun 2016 yakni 308.964 wisatawan.
Tahun 2018 target ini meningkat dengan harapan 400 ribu wisatawan akan berkunjung ke Bintan. Dimana di bulan Desember kemarin, merupakan puncak jumlah kunjungan wisata karena sejumlah event yang digelar untuk memeriahkan event pergantian tahun baru dan momen liburan Natal yang dilanjutkan dengan tahun baru. Tercatat pada tahun 2017 lalu, wisatawan asal Singapura mendominasi jumlah kunjungan sementara pada tahun 2018, wisatawan asal Tiongkok yang mendominasi, diikuti oleh negara – negara tetangga yang berada di kawasan crossborder yakni Singapura dan Malaysia. Bahkan tercatat banyak pula wisatawan asal beberapa negara di Eropa hingga Amerika. Para wisatawan ini umumnya mengikuti sejumlah event sport tourism yang diadakan sepanjang tahun 2018.
Pada tahun 2018 juga tercatat beberapa event perdana yang diperkirakan ikut menyumbang jumlah kunjungan wisata ke Bintan. Event perdana tersebut yakni International Bintan Marathon (IBM) pada 8 hingga 9 September berpusat di Lagoi Bay dan kunjungan kapal pesiar Dream Cruises milik Genting Group Singapura yang melabuhkan jangkarnya pada 7 Juli 2018 dengan membawa sekitar 2.000 turis yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Bintan. Selain itu event bertaraf internasional yang telah menjadi agenda tahunan di Bintan, bahkan beberapa diantaranya masuk menajdi agenda pariwisata nasional juga menjadi salah satu pendongkrak jumlah kunjungan wisata ke Bintan. Diantaranya adalah Tour De Bintan, Bintan Triathlon, Bintan Ironman hingga Wonderful Sail to Bintan.
Diketahui pula bahwa Lagoi Bay tetap menjadi primadona destinasi wisata ke Bintan. Dimana sejumlah event berskala internasional juga diadakan di kawasan wisata terpadu ini. Diharapkan ke depannya, penambahan jumlah destinasi wisata di Bintan yang terus dibenahi dan dipromosikan turut menambah jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan ini. Karena industri pariwisata merupakan industri andalan di kawasan Bintan yang juga telah memperoleh fasilitas FTZ (Free Trade Zone) yang memberi kemudahan investasi bagi para investor di kawasan ini termasuk investasi di bidang pariwisata.

Sumber :

Home


https://www.batamnews.co.id
https://lihatkepri.com
https://lifestyle.okezone.com

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments