TREN POSITIF WISATA BINTAN 2018

Sektor pariwisata di Bintan mengalami tren yang positif hingga menjelang akhir 2018 ini. Sebanyak 34 perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata menanamkan modal di Kawasan Pariwisata Lagoi hingga Rp1,8 triliun. Dari 34 perusahaan tersebut, 33 di antaranya bergerak di bidang usaha hotel bintang lima dan villa dengan super luxury berkonsep wellness resorts dengan fasilitas lengkap. Selain itu, ada satu perusahaan bergerak di bidang usaha aktivitas konsultasi manajemen.

Sedangkan rata-rata nilai investasi yang ditanamkan masing-masing perusahaan sebanyak USD4 juta atau setara Rp 54,4 miliar. Tidak hanya itu, sebanyak 34 perusahaan yang merupakan penanam modal asing (PMA) tersebut juga sudah melakukan permohonan izin prinsip PMA awal Maret 2018. Jadi, total nilai investasi 34 PMA awal Maret 2018 tersebut sudah mencapai Rp1,8 triliun. Hal ini menunjukkan iklim investasi yang berlangsung baik di Bintan. Sementara itu tercatat jumlah keseluruhan investasi di Bintan untuk perusahaan PMA yang aktif beroperasi ada 80 perusahaan. Secara umum, Kepri menduduki peringkat 12 nasional daftar investasi perusahaan penanaman modal asing atau PMA. Dari target yang diberikan pusat, pencapaian yang berhasil dicapai adalah sebesar 150%, yang artinya melampaui target yang telah dtetapkan.

Rencana pembangunan sejumlah hotel dan vila – vila oleh investor ini sejalan dengan menggeliatnya sektor wisata sejak Januari 2018 lalu. Berbagai event yang digelar dan telah mampu mendatangkan jumlah pengunjung yang sesuai target yang diharapkan. Hal ini menjadi daya tarik sehingga banyak investor yang tertarik berinvestasi di Bintan.

Selain tren investasi yang positif, tingkat kepatuhan perusahaan dalam menjalankan aturan dan tanggung jawab juga mengalami peningkatan dibanding tahun 2017. Salah satunya terlihat dari laporan kepatuhan data kontrak tenaga kerja asing (TKA) dan perizinan. Pemerintah Kabupaten Bintan menyambut dan mendukung penuh kehadiran 34 investor tersebut. Kehadiran investor ini juga sebagai upaya mempercepat pembangunan sektor pariwisata yang merupakan sektor andalan di Bintan. Dukungan Pemerinta Daerah antara lain dengan memberikan kemudahan pengurusan perizinan dan berbagai hal yang menunjang investasi di Bintan. Kehadiran investor – investor yang membangun sejumlah vila dan hotel berstandar bintang lima ini juga akan meningkatkan angka kunjungan wisata dan pada akhirnya menaikkan pendapatan dan ekonomi daerah Bintan.

 

 

Sumber :

https://economy.okezone.com

http://tanjungpinangpos.id

http://www.nirwanagardens.com

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments